Hot!

Pembekalan Perguruan Tinggi

Santri Kelas Akhir Dibekali Wawasan Perguruan Tinggi


Salah satu program rutin yang kami lakukan untuk para santri kelas akhir adalah pembekalan seputar dunia perguruan tinggi. Tujuannya agar mereka memiliki gambaran awal tentang apa dan bagaimana dunia perguruan tinggi, yang meliputi pengenalan beberapa kampus terdekat, pengenalan fakultas dan program studi yang ada di kampus tersebut, hingga sistem perkuliahannya secara singkat.

Khusus untuk para santri kelas akhir tahun ini, kegiatan dilakukan dalam 3 pertemuan setiap hari Jumat sore selama bulan Maret 2020. Tema-tema yang disampaikan adalah "Kemana Setelah Lulus?", "Fakultas dan Jurusan di UIN Jakarta",  "Fakultas dan Jurusan di UPI Bandung", "Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi", dan panduan pendaftaran perguruan tinggi tahun 2020.

Materi-materi tersebut disampaikan langsung oleh pimpinan pondok, Ust Dr H Dede Ahmad Permana, MA, yang juga dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Para santri tak hanya diberikan pembekalan, tetapi juga akan dibantu dalam proses pendaftaran ke kampus-kampus negeri yang mereka inginkan. Dengan sistem pendaftaran yang sudah serba online, maka proses-proses itu dapat dilakukan langsung di pondok melalui dukungan jaringan internet yang ada. Sehinga para santri tidak perlu repot-repot mengurus registrasi sendiri.

Pada tiga tahun terakhir (2017-209), kami berhasil memandu pendaftaran para santri kelas akhir, hingga mereka lulus di kampus-kampus idaman mereka. Di antara mereka, ada yang lulus kampus-kampus negeri di Surabaya, Malang, dan Jogjakarta, tentu selain di Serang, Jakarta dan Bandung yang memang sudah biasa ditembus oleh para alumni Darul Iman. Alhamdulillah. 


0 comments:

Post a Comment